Minggu, 03 Agustus 2014

CERPEN


kembalikan lagi kasih sayangmu, mama
          Ditepian pusat kota,  ditengah perumahan elit , terdapat sebuah keluarga yang sangat bahagia . Kebahagiaan ini tak hanya dari materi yang mereka miliki juga dengan kasih sayang antar anggota keluarga. Keluarga ini terdiri dari orang tua dan anak perempuan mereka . Yakninya, Pak Anwar , Bu Ratna , dan putri nya Mika . Pak Anwar adalah pengusaha sukses dibidang pengolahan dan pertambangan batu bara yang cabang perusahaan nya ada dimana-mana . Walaupun begitu ia tetap bias meluang kan waktu bekerja nya untuk dapat berkumpul dengan istri dan anak tunggal nya.
          Mika tengah duduk dikelas 2 SMP .Ia  dikenal ramah, pintar, cantik, aktif dan sangat disenangi  oleh teman –teman dan guru-guru nya. Disetiap akhir semester Ia selalu tampil menjadi juara umum. Keberhasilan nya tersebut sangat membanggakan orangtuanya juga menjadi kebanggaan oleh sekolahnya.
          Kebahagiaan Mika di sekolah nya juga ia rasakan di rumah nya .keluarganya sangat rukun,  dan damai serta saling mengasihi dan menyayangi. Karena mika adalah anak tunggal, maka kasih sayang orangtuanya semua dilimpahkan kepadanya.
          Kebahagiaan yang mereka rasakan selama ini tak berlangsung lama, kehidupan mereka telah berubah pahit.Canda tawa yang menyelimuti keluaga ini telah berubah menjadi kebengisan dan permusuhan sehingga tak ada lagi keharmonisan yang ada di keluarga ini. Mereka menjalankan hidup dengan mementingkan kepentingan sendiri .meski materi yang mereka miliki bisa dibilang lebih, tapi mereka merasakan miskin akan kasih sayang.
          Semua itu berawal dari kecelakaan yang dialami oleh papaMika .kecelakaan pada saat ia memimpin kariawannya dilapangan pertambangan yang sedang ia geluti. kecelakaan yang cukup tragis sehingga mengatarkan beliau ke pintu maut dan telah pergi meninggalkan istri dan putrinya untuk selama-lama nya. Meninggal nya Pak Anwar tidak hanya minanggal kan luka yang dalam bagi keluarganya, juga telah membuat keluarga tersebut  miskin akan kasih sayang.
          Hal itu dirasakan oleh Mika .karena semua aset perusahaan yang dipimpin papanya kini telah berpindah kepada mama nya. Awalnya Mika tidak setuju jika ibunya yang memimpin perusahaan tersebut .pertentangan-pertentangan antar mika dan mamanya pun terjadi. Sehingga terjadilah perselisihan antara mika dan mamanya.
Perselisihan itu bermula saat mamanya yang tetap bersikeras untuk memimpin perusahaan papanya
“Mika, mulai dari besok, Mama yang akan menggatikan kerja Papa yang telah beberapa lama ini tak jalan , kamu setuju kan sayang??”
“ Apa ma?? “ ucap Mika seraya terkejut .
“ Memang mama bisa???, pekerjaan kayak gitu nggak segampang yang mama pikirkan .”
“Iya sayang mama tau, tapi bagaimana kita bisa tau kalau pekerjaan itu gampang atau tidak tanpa mencobanya,” jelas mamanya.
“ Iyama, tapi kalau hanya mencoba –coba sih nggak akan bisa maju ma, bahkan nanti bisa bangkrut. Lagian mama kan belum punya pengalaman. ” Tegas Mika
“Karna itu, mama mau belajar dan mencoba memimpin.mana tau, karna mama yang memimpin perusahaan papa jadi maju . iya kan sayang.”
“Tapi ma, apa mama mau belajar dulu??Itu  butuh waktu yang lama ma,. Jangan –jangan nanti saat mama belajar, perusahaan kita malah bangkrut lagi.”Ucap mika karena kesal.
“Itu tak mungkin sayang, kamu jangan mendoakan nya dong, kalau benar-benar bankrut, nanti kita mau makan dengan apa???”
“ Ma, kalau mama mikirin itu, mama masih bisa kok nggak kerja, “
“Gimana caranya??, mana mungkin sayang,,.”
“Alaaah,, mama, , kita kan bisa mengangkat keriawan papa yang lain untuk bisa memimpin perusahaan itu, lalu setiap bulan kita kan dapat hasil nya ma, gampang kan???.”
“Tidak bisa mika, mama sendiri yang harus memimpin , itu tak bisa digugat lagi.” Tegas mamanya.
“ Pokoknya mika nggak setuju jika mama bekrja, mika nggak setuju. Titik,!mama nggak boleh bekerja .
“ Kalaumama nggak bekerja , lalu kita bisa dapat duit darimana mika??”
“Mika nggak tau, pokoknya Mika nggak setuju, nggak setujuuuuu..”Lalu lari kekamar dan membanting pintu.
“Mika , walau kamu nggak setuju mama tetap akan bekerja,. Dengar itu,,!!!!” triak mama nya.
Mika yang dibilangin malah diam tak menjawab , dia mematung diri di kamar dengan memandang-mandang foto papanya yang ada di atas meja belajarnya. Dan tak sengaja air mata nya pun menetes dan membanjiri pipinya dan tedengar suara tangis yang tak keras ,karena ia tak mau jika mama nya tau kalau ia menangis.
          Tak beberapa lama setelah itu tak lagi terdengar  suara tangisan , karena Mika telah tertidur dengan memeluk foto papanya. Sebenarnya, mika tak mau menyetujui mamanya untuk bekerja karena ia tak mau kalau mamanya mengalami nasib yang sama seperti papanya. Jika hal itu terjadi, Ia tak punya tempat untuk mengadu lagi dan ia akan menjadi seorang yatim piatu, ia tak ingin hal itu terjadi sehingga ia bersikeras untuk menolak ajakan mamanya yang ingin memimpin perusahaan papanya.
          Paginya saat mika hendak ke sekolah, ia melihat mama nya yang sudah rapi. Karena melihat hal tersebut, mika menjadi heran dan melihat mamanya dengan pandangan yang tajam menandakan ia tak suka dengan apa yang dikerjakan mamanya. Karena bu ratna merasa dirinya diperhatikan oleh putrinya, ia pun angkat bicara.
“ Kenapakamu Mika, kok ngeliatin Mama kayak gitu???”
“ Mamabenar- benar mau bekerja????”
“Ia dong sayang.Memangnya kenapa??”
“Ma, Mika kan sudah bilang kalau mama tu nggak usah kerja. “
“Memangnya kenapa sih ??mama kamu larang bekerja???” selidik mamanya
“Emangnya mama mau mengulang kejadian kayak papa dulu????”
“Mika, musibah itu bisa terjadi pada siapa aja tanpa kita ketahui”
“Iya ma, mika tau.tpi kalau terulang lagi gimana?? Mika nggak terima , titik!!!.”
 “Udah lah  itu urusan mama , sekarang urusan kamu sekolah” ucap mamanya dengan nada yang agak tinggi
“ Alaaaaah,,,,, pagi–pagi mama dah bikin bête,, udah ah , kalau terjadi apa- apa , mika nggak mau tau,.” Ucap mika dengan kesal dan keluar dari rumah sambil membanting pintu keras-keras.
“ Mika, bagus yaa, kamu dah pandai ngelawan sama mama,haaaa” teriak mamanya.
“ Aukah gelap ..” sambung mika dengan teriakan yang nggak kalah dari mamanya .
Diperjalanan ke sekolah, mika hanya sibuk memikirkan kejadian dengan mama mya dirumah tadi.
“ Uhfch,, mama apaan siih, pagi – pagi dah bikin rebut bikin keselll…. Iiieehh,,,”
          Disekolah, mika terus memikirkan tentang mamanya. Sampai-sampai ia tak memperhatikan apa yang diterangkan oleh gurunya, ia hanya melamun didalam kelas, sampai – sampai gurunya merasa risih dengan sikap mika yang melamun tersebut sehingga gurunya menegurnya.
“Mika!!”
“Eh ia bu!!!”
“ Kamukenapa?? Nggak memperhatikan ibu,, “
“Mmmm ma… maa..maaaf buu,,” pinta mika dengan gagap
“Memangkamu ada apa?? Ada masalah??”
“Nggak buu, nggak ada apa- apa kok buu..”
“Mm ea udah, kamu jangan melamun lagi, ya ..”
“Iya buu maaff,,.”  Pinta mika
“ Iya, untuk kali ini ibu maafin, tapi, kalau kamu ulangi lagi, ibi nggak terima ya,,”
“ Iyabuu, mika janji nggak bakalan ngulangi nya lagi”
          Pelajaran terus berlangsung , mika mencoba untuk konsentrasi memperhatikan pelajaran dari guru nya , namun ia masih terfikir juga dengan keributan nya dengan mama nya dan masalah tentang mamanya yang tetap bersikeras mau bekerja walau pun ia telah menolak nya .  
          Pelajaran pun selesai. Semua siswa berlarian keluar dari kelas dan segera pulang ke rumah masing- masimg..Mika yang yang akan pulang, segera mengemasi buku-buku yang ada di atas mejanya. Rani sahabatnya yang sejak tadi menunggunya menjadi heran karena sikap mika yang berbeda dengan biasanya. Rani yang tak bisa terus menerka-nerka mulai angkat bicara.
“Mika , !!!” dengan suara yang yang agak kuat sehingga mengejutkan mika.
“ Eh, iya.” Jawab mika agak gagap karena terkejut.
“Ihhcch,, kamu ngapain siih ngagetin aku,, “
“ Kamutu kenapa siih, ngelamun aja,, nggak seperti mika yang bias ny gitu..”
“ Ahnggak papa kok,, “  mika menutupi
“ Udahh,, bilang ajja kamu ada masalah ya??”
“Nggak ada kokk, nggak ada apa-apa…  biasa ajha kali,,.” Mika terus menutupi
“ Benerannggak papa??”
“Iaaaaaaaaaa…”  sahut mika
“ Ya Udah, kita pulang yuuks, dah lapeeer niieh,,.”
‘ Yaps” sahut mika.
          Sesampai di rumah, mika menjadi sedih sendiri, ia menemui rumah nya sepi karena mamanya tak dirumah .ia segera masuk ke kamar dan mengganti pakaian nya. Setelah turun, ia segera menuju keruang makan karena sejak dari sekolah tadi perut nya sudah keroncongan.
          Sudah lama ia menunggu kepulangan mamanya, sudah berjam-jam ia menunggu sambil menonton tv, sampai-sampai ia bosan untuk menontonya. Ia balik-balik buku pelajaran nya, sampai-sampai buku yang paling tebal pun habis ia baca. Tapi mamanya masih belum pulang juga .dan sering ia toleh jam , ternyata sudah menunjukkan pukul 6 sore, mamanya masih belum pulang .
          Menjelang maghrib,terdengar suara mobil mendekat ke rumah mika, dan tak beberapa lama setelah itu pintu rumah nya terbuka, lalu muncul sosok wanita separuh baya dari balik pintu . ternyata itu adalah Bu Ratna dengan membawa seorang perempuan yang usia nya lebih tua dari Bu Ratna , lalu berjalan mendekati Mika yang duduk diruang tengah yang sejak tadi memperhatika kedatangan mamanya dan perempuan asing tersebut.
“ Kokmama pulang nya lama ?????” Tanya Mika .
“ Tadimama sekalian mencari pembantu untuk bisa menggantikan tugas mama.” Jawab mamanya.
“ Apa ma??? Pembantu??? Baru sehari mama bekerja , udah cari pembantu segala,,. Mama apa-apa an sieh??”
“Ia mama tau, tapi mama butuh bantuan seorang pembantu untuk bias meringan kan pekerjaan mama sayang.” Jelas mamanya.
“ Pekerjaan di rumah ini kan bukan beban ma,,,,. Malahan itu tanggung jawab mama,. Mika khan dah bilang , mama nggak perlu bekerja di kantor, ini akibatnya, mama melalaikan tugas mama dirumah , sampai – sampai menggaji pembantu segala,”  sanggah Mika .
“ UdahlahMika,, itu nggak perlu di bahas. Mama menggaji pembantu karena mama butuh, jadi nggak ada komentar lagi.”
“ Iiieecch,, udah ah ma, Mika capek rebut sama mama .  bikin bête ajja ,” sahut Mika karena kesal sambil berjalan menuju kamarnya dan membanting pintunya keras- keras .
Melihat kelakuan putrinya, Bu Ratna hanya diam. Lalu ia membawa pembantunya yabg bernama Bi Surti itu ke kamar yang sudah di siapkan nya .dan memberitahu pekerjaan yang akan dilakukan Olehbi Surti nantinya. Setelah itu iakeluar dan menuju ke kamarnya.
*                 *                 *
Paginya, semua telah melakukan tugasnya masing-masing.Mika sudah berangkat ke sekolah dan Bu Ratna telah pergi bekerja ke kantornya.Sedangkan Bi Surti memulai pekerjaan barunya dirumah tersebut.
Raja siang terus bergerak dan bergeser hingga condong kearah barat, itu tandanya hari sudah siang dan aktivitas sekolah nya pun usai .Mika yang baru keluar dar kelasnya bergegas untuk pulang. Sesampai d irumah, ia langsung mengganti pakaiannya , dan berlari – lari kecil menuju ruang makan. Dan ternyata , diatas meja telah terhidang makan siang untuknya. Dan tak menunggu waktu lagi, ia langsung duduk dan melahap makan siang nya itu.
Dari dapur, muncullah sosok wanita yang tak lain adalah pembantu dirumah nya itu. Dan langsung menyapa Mika.
“ Eh Non udah pulang????” Tanya Bi Surti .
“ Udah, “ jawab Mika simple.
 Lalu Bi Surti duduk di depan Mika dan memperhatikan anak majikan nya itu.karna risih di  perhatikan oleh pembantu nya , Mka pun ankat bicara.
“ Bibi udah makan???” Tanya Mika .
“ Nanti aja Non, Bibi belum lapar .”
“ Ow, gitu ya, ya udah..” sahut Mika.
“ Ya Non, oya, Non Mika sekolah nya udah kelas berapa???”  Tanya Bi Surti.
“ Kelas 2 SMP Bi,, mang kenapa???”
“ Ow , nggakada apa-apa kok Non , anak bibi sekarang juga sudah kelas 2 SMP di kampung.
“ Ow, oya, nama Bibi siapa???”
“ nama Bibi Surti Non..” jawab Bi Surti .
“Oww, Bi Surti????”
“ Iya Non..” jawab Bi Surti .
“Bibi nggak kerja???” Tanya Mika .
“ Iya Non , untuk sementara , udah selesai..”
“ Ow, ya udah..” jawab Mika .
          Selesai makan, Mika masuk ke kamarnya, dan menjelang maghrib ia keluar  menuju dapurdan menemui Bi Surti .
“ Bi,, Bi Surti,,” panggil Mika .
“ Iya Non ada apa??” 
“ Mama udah pulang bi???”
“ Belum Non , Nyonya belum pulang,,”
“ Haaaa ,,, belum pulang??? , kok lama banget???”
“ Bibi nggak tau juga Non,, mungkin Nyonya lagi sibuk dikantor “
“ Iiieecch,, bikin kesal ajja,, ya udah Bi,,”
“Ya Non”
Dengan kesal , Mika kembali masuk ke kamarnya. Dan keluar kembali ketika jam suda menunjukkan pukul 20.45 WIB . Tetapi, ia belum mendengar suara mamanya .dan segera mungkin ia menemui Bi Surti .
“ Bi,, mama masih belum pulang???”
“ Belum Non ,,”
“Sekarang dah jam berapa siih?? ,, kok masih belum pulang??? Kerja apaan sih malam-malam gini??”upat Mika dengan hati kesal.
Bi Surti hanya diam, karena ia tak tau harus menjawab apa .Dan tak beberapa lama , suara Bi Surti kembali terdengar.
“Non udah makan??Bibi siapin yaa??”
“ Nggak usah, lagi nggak mood..” jawab Mika sambil meninggalkan Bi surti .
          Kira – kira pukul 21.00 WIB, terdengar suara mobil, itu tandanya, Bu Ratna baru pulang. Sesampainya dalam rumah, ia segera menuju ke tempat bi Surti .
“Bi… Mika dimana ????” Tanya Bu Ratna.
“ Sepertinya di kamar , Nya,,” jawab Bi Surti .
“ Oww , makasih ya Bi,,”
“Ya Nya,,”
          Bu Ratna keluar dari dapur dan segera menuju ke kamar putrinya.
“ Mika???...” panggil mamanya, dengan membuka pintu kamar putrid nya yang tidak di kunci,setiba mama nya di kamar,mika melototi mamanya dengan sangat tajam .
“ Kokkamu ngeliatin mama kayak gitu???”Tanya mamanya yang agak risih karna putri nya memperhatikan kedatangan nya
“Sekarang udah jam berapa ma??? “kok mama baru pulang???”
“Tadi banyak masalah yang harus mama tangani di kantor,jadi telat pulang nya .oh ya kamu dah makan ???’’
“Lagi ngak nafsu”jawab mika sambil merebahkan dirinya keranjang .”
Dengan kesal melihat mamanya,mika mencoba membuat mamanya pergi dari kamar.
“Ma,mika mau tidur dah ngantuk jadi mama kluar aja,lagian mika ngak ada mood untuk berdebat sama mama”
Bu ratna yang merasa bersalah kepada putri tunggal nya,menurut dan segera keluar dari kamar putri nya tersebut.
          Detik berganti menit menit berganti jam,jam berganti hari dan hari pun berganti dengan cepatnya,perusahaan yang di pimpim oleh bu ratna sudah semakin maju dan cabang perusahaan nya sudah berbisnis sampai keluar negri . di balik keberhasilan dari usaha nya yang telah maju tersebut keluarga bu ratna tak pernah bangga akan keberhasilan yang telah di capai nya tetsebut,setiap hari selalu ada pertengkaran antara ibu dan anak di keluarga itu,hari hari mereka leewati dengan permusuhan dan perdebatan. Bagai minyak dengan air,anjing dengan kucing, mereka tak pernah bersatu. Pasti ada hal hal yang bias membuat mereka bertengkar. Sehingga mika merasa tak tenang berada di rumah nya. Dia merasa seperti berada dalam neraka jika ia berada di rumah nya,maka ia mulai mencoba mencari kesengan di luar rumah bersama teman teman nya
          Karena bergaul dan bermain bersama teman teman nya itulah yang bias membuat mika lupa akan kejadian nya d rumah .berkumpul,bercerita,bercanda bersama teman teman nya bagaikan obat stress bagi mika karena perasaan nya yang selalu tertekan bila berada di rumah .
          Namun di balik kesenangan yang dirasakan oleh mika dalam bergaul dengan temannya di luar rumah memberikan dampak negative tesendiri baginya. Karna ia mudah terpengaruh akan perbuatan dan bujukan teman teman nya. Setiap hari ia tak pernah menghuni rumah,ia selalu kumpul bersama teman teman nya,bahkan sampae malam, dan kembali kerumah sbelum mama nya pulang. Sehingga mama nya tak mengetahui apa yang ia lakukan dan tak pernah menaruh curiga terhadap putri nya tersebut.
          Hal itu berlangsung lama tetapi bratna tak pernah mngetahui apa yang di lakukan oleh mika. Bahkan mika sering tak masssuk sekolah.mika yang tak pernah absen di kelas nya, tapi akir akir ini nama nya selalu hadir di buku absen. Setiap kegiatan yang di adakan di sekolahanya tak lagi ia ikuti.
          Guru guru yang masuk kekelas mika menjadi heran dengan perubahan sikap nya karena mika yang dulu pintar,rajin,aktif tak lagi ditemui,sekarang mika telah berubah menjadi pendiam,pemalas,dan sering bolos kesekolah. Karna perubahan sikap mika yang seperti itu sampai sampai nilai ujian tengah semester nya anjlok. Sehingga guru wali kelas memanggil orang tua nya,untk dating kesekolah  menyelesaikan masalah tersebut.
          Sampai di sekolah putri nya bu ratna di persilakan intuk masuk keruang wali kelas. Setelah mendengan penjelasan dari guru nya,bu ratna terkejut ia tak menyangka jika mika bisa berubah sedrastis itu. Ia tak menyangka jika mika sering tak masuak sekolah,karna setahu nya setiap pagi ia selalu melihat  mika pergi sekolah.bu ratna tak menyangka dengan hal itu. Ia merasa malu terhadap guru d sekolah putrinya itu.
          Setelah melakuakan perundingan dengan guru mika, segera minggalkan ruangan tersebut,dengan di tangan nya membwa hasil ujian mika dimana hasil nya tersebut sangat tak iya harapkan. Keluar dari ruangan tersebut bu ratna melirik mika dengan lirikan yang tajam,dan memanggil anak nya itu dengan nada yang agak tinggi.
“Mika,kita pulang, !!!!!”
“Mama pulang aja duluan,nanti mika nyusul.”
“Gak,kamu harus pulang sekarang ikut mama!!!” paksa mama nya.
“Mikaaaaaa…..!!!!!!!!!!!!!”
“Iiechh iya iya ma”
Mika pun mengikuti mama nya dan pulang kerumah nya. Sampai dirumah bu ratna langsung marah marah, karena ia tak terima dengan perbuatan anak nya.
“Mika,apa apaan ini haaaaaa.., kenapa nilai nilai kamu bisa anjlok kayak gini,bahkan kamu sering bolos sekolah, kenapa mika, kamu mau bikin mama malu..???????”
“Udah ah ma jangan di bahas lagi,mika udah capek lagian ngak penting buat di bahas kok..!!” jawab mika ketus….”
Tiba tibaa….,”Plaaaaaaaaaaaaak” tangan bu ratna mendarat di pipi mika.Mika yang di tampar malah diam dan emosi nya mulai memuncak.
“Tampar ma tampar tampar sekali lagi,”  mama nya hanya diam.
“Hah sebenar nya mau mam apaan sih,selama ini mama kemana???? Mama Cuma ngurusin diri mama sendiri, mama Cuma mngutamakn prusahaan dan pekerjaan mama , sedangkan aku tak pernah mendpatkan perhatian dari mama. Setiap hari mama Cuma bias buat rebut, aku capek ma hidup kayak gini terus, aku tersiksa ma , batin ku tertekan.memang mama ngasih aku materi yang berlimpah, tapi mama ngak pernah ngasih aku kasih sayang, mama ngak pernah ngasih aku perhatian . “jelas mika..!!
Bu ratna hanya membisu meresapi perkataan putri nya.
“Dulu waktu papa masih hidup papa juga bekerja, bahkan pekerjaan papa lebih maju dari usaha mama sekarang,tapi papa masih punya waktu untuk berkumpul bersama keluarganya,bahkan papa kasih perhatian buat aku,dan lebih menyayangi aku. Tapi mama karena alas an pekerjaan mama tak pernah memperhatikan aku,makanya aku cari kesenangan dari luar karena aku takdapat merasakan nya dari mama. Tapi tiba tiba mama datang malah marah marah tak berketentuan seharus nya mama entropeksi diri mama,bukan malah marah marah pada ku. “ jelas mika dengan nada yang agak rendah dan tak sengaja meneteskan air mata nya.
Bu ratna yang mendengar perkataan putri tunggal nya itu terhentak dan meneteskan air mata nya.
“Maaaa,mika tu sayang sama mama,mika sayang ma,mika cuma mau balikin kasih sayang mama sama mika,mika Cuma mintak perhatian dari mama, mika ngak mau lagi terjadi pertengkaran dan keributan di antara kita ma,mika sayang sama mama,” rintih mika dengan air mata yang terus mengalir.
Mendengar perkataan putri nya,bu ratna tak henti henti nya meluapkan air mata nya sehingga membanjiri pipi nya.di dekati nya putri semata wayang nya, langsung  saja ia dekap dan peluk erat erat.
“Mama mintak maaf ya sayang, mama dah buat kesalahan besar, maafin mama ya,mama juga sayang sama kamu Cuma kamu satu satu nya harta yang paling berharga dalam hidup mama. Mama sayang sama kamu nak.” Mereka pun hanyut dalam tangisan keharuan.
          Mulai saat itu ,bu ratna dan mika tak pernah lagi bertengkar. Bu ratna tlah bisa membagi waktu antara oekerjaa dan keluarga nya.Dan mika telah berubeh seperti mika yang dulu, mika yang sangat di senangi oleh semua orang. Dan dalam keluarga tersebut kini telah di selimuti kembali oleh kasing sayang dan perhatian antar anggota keluarga yang tak ka lagi pernah hilang untuk selama lama nya ,,………??!!! …


#@!??SEKIAN??!@#

Baso, 17 juni 2012
    Quratul aini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pages

Text Widget

Popular Posts