Rabu, 06 Agustus 2014

DISTRO DISTRO LINUX

LINUX DAN MACAM MACAM DISTRO NYA.

Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking. selainitumemiliki kelebihannya yaitu software ini gratis dan tidak bisa dimasuki oleh virus.

Sejarahlinux

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-baum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan soft-ware dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya  windows 9.x/NT/2000/ME).


Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.
Serta semua orang dapatmengembangkanlinuxitusendirimenjadibeberapadistro.Serta SO linuxinimudah di dapatkanserta gratis dalambidang software nya.

Logo LINUX
       Linux memiliki logo atau mascot yakniburung penguin..Logo ini mempunyai asal mula yang unik, yaituketika Linus ( Sang Penemu ) berlibur ke daerah selatan dan bertemu dengan seekor linux kecil dan pendek yang secara tidak sengaja menggigit jarinya. Hal ini membuatnya demam selama berhari-hari. Kejadian ini kemudian menginspirasi dirinya untuk memakai penguin sebagai logonya dengan harapan user menjadi demam menggunakan sistem operasi yang beliau ciptakan ini.



Distrodistro Linux
 1. Debian
Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murnitanpamendasarkanpada SO Linux yang telahada.. debianinidibuatoleh Ian Mrdock. dannamanyadiambildaripenyatuanduanamayaitu Debra dan Ian . Debra adalahistridari Ian mudrok .
Distroiniseringdisebutsebagai pure GNU/Linux .karenasatusatunyadistro yang sampaisaatinimasihmenurutiasas free software. Kelemahannya, debiankurangmengupdatedari program nya.Namun ,dalambidangkeamanandankesetabilan, tidakdapatdiragukanlagi.


 2. Redhat.
Merupakandistro Linux yang dibuatoleh Alan Cox, dirancangkhususuntuk server dan user friendly.Redhat juga dapat digunakan sebagai clientmaupun sebagai PC desktop/PC standolone.Kelebihan lain yang dimiliki oleh Redhat linux adalah kemudahan dalam hal installasinyaIni merupakan revolusioner Linux. pada saat linux lainnya membuat pengguna awalnya putus asa, Redhat hadir dengan prosedur installasi termudah pada masanya.


 3. Ubuntu
Distrolinux yang berbasiskepadadebian,  danproyeknyadisponsorioleholeh Canonical Ltd (perusahaanmilik Mark Shuttleworth).Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesamamanusia. “” yang kurang lebih maksudnya adalah kemanusian untuk membantu yang lain
Ubuntu memiliki lebih banyak kelebihan , yaitudengan update berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitas yang sangat banyak, dukungan dana yang melimpah, bahkan anda bisa mendapatkan CD Installernya secara gratis. Serta tampilannyayang hampersamadengantampilankhas MC OS.



 4. BLANKON
BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.
Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
Linux BlankOn merupakan bagian dari gerakan Proyek BlankOn yang memiliki cakupan yanglebih luas lagi. Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.


5.Slackware
Distrolinux paling tuaataudistrolinuxpertama yang di buatoleh Patrick Volkerding, yaituJuli 1993.Slackware merupakan distribusi linux yang murni, dlam arti penampilannya yang sangat mirip dengan UNIX (UNIX Clone), sehingga membuat penggunanya merasa seperti menggunakan UNIX murni.
performace nya bagus untuk low end komputer, kurang cocok untuk pemula, cocok bagi yang sangat terbiasa dengan unix.


 6. Suse Linux
maka SuSE Linux adalah Linux yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa.
Yang paling dibanggakan dari distro ini adalah kelengkapan program aplikasinya. Jika membeli Linux SuSE kita akan mendapat 5 CD program dan 1 CD source. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mendownload program lainnya.SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.


 7. Mandriva
Distro paling user frendly ini dikembangkan di Prancis, Dahulu nama nya Mandrake tapi karena ada masalah lisensi nama, kemudian ganti nama menjadi mandriva.banyak dipakai untuk desktop. Yang baru pemula sungguh enak sekali pakai mandriva, karena instalasi nya mudah, sertapengenalan hardware nyaa


 8.Gentoo
Distro ini menyediakan compile di tempat. Artinya anda bisa mengoptimalkan distro linux untuk pc anda.
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm].
Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-
masing computer pengguna.


 9. Knoppix
Di ciptakan oleh Klaus Knopper. Merupakan  linux Live cd yaitu dapat dijalan kan melalui CD-ROM tanpa diinstal di harddisk.Caranyacukup masukan cd nyake PC, dan boot ke cd. KnoppixDikembangkan dari debian, sehingga paket debian bisa di install ke knoppix. Guna dariknoppix cukup banyak misalnya untuk demo program, sarana belajar linux dengan cepat. Bagi pemula yang takut install linux lebih baik belajar pake Knoppix.


 10. Xandors
Merupakandistrokembangandaridebian ,tampilan hamper miripdenganmicrasoft windows. Serta memilikikelebihanseperti: .mudahdalaminstalasi , Mudah dalam sharing file dan folder dengan komputer windows, Lumayan gegas (Atlon XP 1,7 RAM 256),Tampilan cool dan oke , Menunya lumayana mudah (berbasis KDE)
namunmemilikiKekuranganTidak sepenuhnya free.


 11. Caldera
Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancan untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis. Sejak saat kita melakukan penginstallan linux Caldera ini, hingga kita melakukan Setting Hardware semuanya dilakukan dengan tampilan grafis. yang mengagumkan dari Linux Caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu yang luang, sambil menunggu transfer prigram yang berjalan.
Selain itu Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac).


 12.  Corel
Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh salah satu distribusi Linux, yaitu Debian. Corel Linux mendukung sistem operasi sistem open source dibawah naunan GNU. Corel Linux dapat langsung diinstal dengan atau tanpa sistem operasi yang lain. Corel Linux juga bisa diinstall pada partisi dan file sistem windows, yang menjadikan Corel Linux seolah-olah adalah program aplikasi Windows.
slah satu yang menarik dari Corel Linux adalah Semuanya serba grafis. Corel Linux juga dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafi, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem. Anda tidak akan menemukan basis text seperti yang ada di Linux lainnya, atau juga windows yang masih basis text. Dicorel Linux semuanya serbadisederhanakan. bahkan sampai pada setting jaringanpun lebih mudah dari pada setting jaringan pada Windows.Akan tatapi ada sedikit kekurangan pada Corel Linux ini, terutama bagi pengguna yang sudah mahir. Mereka akan binging dengan tampilan yang serba grafis yang diberikan o  leh Corel Linux.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pages

Text Widget

Popular Posts