Selasa, 01 September 2015

Data Link Layer

  1. Definisi tentang data Link layer


Lapisan data-link (data link layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.
Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi di sini.
Lapisan data-link dapat melakukan pentransferan data melalui saluran fisik. Pentransferandata tersebut mungkin dapat diandalkan atau tidak. Beberapa protocol lapisan data-link tidak mengimplementasikan fungsi Acknowledgment untuk sebuah frame yang sukses diterima, dan beberapa protokol bahkan tidak memiliki fitur pengecekan kesalahan transmisi (dengan menggunakan checksumming). Pada peristiwa tersebut, fitur-fitur acknowledgment dan pendeteksian kesalahan harus diimplementasikan pada lapisan yang lebih tinggi, seperti halnya protokol Transmission Control Protocol (TCP) (lapisan transport).

2.     Tugas Utama Data Link Layer
Tugas utama layer ini adlah Sebagai fasilitas transmisi data mentah dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi. Sebelum diteruskan ke Network Layer.
lapisan data link melaksanakan tugas ini dengan memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi sejumlah data frame (biasanyaberjumlah ratusan atau ribuan byte). Kemudian lapisan data link mentransmisikan frame tersebut secara berurutan dan memproses acknowledgement frame yang dikirim kembali oleh penerima. Karena lapisan fisik menerima dan mengirim aliran bit tanpa memperdulikan arti atau arsitektur frame, maka tergantung pada lapisan data linklah untuk membuat dan mengenali batas-batas frame itu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membubuhkan bit khusus ke awal dan akhir frame.

3.     Tujuan utama dari layer Data Link
Tujuan utama dari layer Data Link adalah:
a. Format data kedalam frames untuk transmission
b. Memberikan error notifications
c. Memberikan control aliran
d. Specifykasi topology jaringan logical dan metoda-2 media access

4.     Pembagian Data link Layer
Data Link Layer dapat dibagi menjadi 2 sub- layer yaitu
1.    Media Access Control (MAC) Sublayer
Sublayer Media Access Control adalah sublayer pertama atau sublayer bawah dari layer Data Link. Sublayer ini akan memecah data manjadi frame sebelum ditransmisikan, dan memegang address fisikal (MAC address) untuk address jaringan. Piranti seperti Switches dan bridges menggunakan address Data Link untuk mengarahkan data user melalui jaringan menuju ke host tujuan
Sublayer MAC dapat menangani tugas seperti:
·        Addressing Physical Device
Bertugas untuk mengidentifikasikan piranti-piranti  hardware khusus. Semua piranti di jaringan harus mempunyai address fisikal yang unik. Untuk jaringan-jaringan  LAN, address fisik ditanamkan kedalam interface card (NIC).

·         Media Access
Bertugas untuk memerintahkan bagaimana piranti jaringan menentukan kapan harus mengirim sinyal melalui jaringan, apa yang harus dilakukan jika ada dua piranti jaringan mau mengirim paket pada saat yang bersamaan

·         Topology Logical
menjelaskan bagaimana piranti-piranti  berjalan dari piranti satu  ke piranti lainnya.Sehingga bisa menggunakan suatu topology logical yang berbeda dari topologi physical dari jaringan


2.  Logical Link Control (LLC) Sublayer
Sublayer Logical Link Control (LLC) adalah sublayer Data Link kedua. Hal ini meliputi rulerule (aturan-aturan) yang mengendalikan bagaimana beberapa piranti dan protocol berbagi satu link tunggal dalam suatu jaringan.
Sublayer ini memiliki beberapa tugas yaitu:
·  Deteksi Error
Saat frame dan bits ditransmisikan melalui jaringan, error bisa saja terjadi. Error komunikasi bisa masuk dalam salah satu dari dua category berikut:
a.  Paket yang diharapkan tidak juga nyampai.
b.  Paket diterima, akan tetapi berisi data yang corrupt (rusak atau cacat)
Paket-paket  yang hilang bisa diidentifikasi melalui nomor urut, dan koreksi dilakukan terkait dengan fitur pengendali aliran.

· Mengendalikan aliran
Bertugas untuk mencegah transmisi data menjadi penuh atau membanjiri si penerima, sublayer LLC memberikan pengendalian aliran yang memperlambat kecepatan aliran pengiriman data.

·     Mendukung Multi-protocol
Bertindak sebagai buffer atau sebagai penengah antara protocol-2 yang tergantung pada media bagian bawah, dan protocol-2 layer network bagian atas.




5.     Pengiriman Data Pada Data Link Layer
Langkah langkah pengiriman data pada data Link Layer adalah :
·           Penentuan waktu pengiriman data yang tepat apabila suatu media sedang terpakai, hal ini perlu melakukan suatu deteksi sinyal pembawa.
·           Pada Ethernet menggunakan metode Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection (CSMA/CD).
·           Pada jaringan yang dapat melakukan akses secara bersamaan simultan. Maka bila Host A mengirimkan data ke Host D, maka Host B dan C akan melakukan deteksi jalur, dan apabila jalur sedang dipakai maka Host B dan C akan menunggu terlebih dahulu.
6.     Layanan Link layer 
·         Framing
membungkus (encapsulate) datagram ke bentuk frame sebelum ditransmisi
·         Physical addressing
Jika frame-frame didistribusikan ke sistem lainpada jaringan, maka data link akan menambahkan sebuah header di muka frame untuk mendefinisikan pengirim dan/atau penerima.
·         Flow control
Setiap node memiliki keterbatasan buffer, link layer menjamin pengiriman frame tidak lebih cepat dari pemrosesan frame pada penerima. Jika rate atau laju bit stream berlebih atau berkurang maka flow control akan melakukan tindakan yang menstabilkan laju bit.
·         Access control
Jika 2 atau lebih device dikoneksi dalam link yang sama, lapisan data link perlu menentukan device yang mana yang harus dikendalikan pada saat tertentu.
·         Link Access
protokol Media Access Control (MAC) mengatur bagaimana frame ditransmisikan ke dalam link, seperti point-to-point atau broadcast
·         Reliable Delivery
menjamin pengiriman datagram melalui link tanpa error
·         Error control
Data link menambah reliabilitas lapisan fisik dengan penambahan mekanisme deteksi dan retransmisi frame-frame yang gagal terkirim.
·         Error Detection
kesalahan bit akibat atenuasi sinyal atau noise dalam link, tetapi tidak meminta pengiriman ulang frame, dan frame yg salah akan dibuang
·         Error Correction

link layer tidak hanya mendeteksi, tetapi juga mengkoreksi kesalahan, tidak semua protokol mampu melayani, tergantung protokol yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pages

Text Widget

Popular Posts